Nuzulul Qur’an merupakan awal mula Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT, melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Sampai sekarang peristiwa ini disebut dengan Nuzulul Qur’an. Pengertian Nuzulul Qur’an jika dilihat secara harfiah, artinya turunnya Alqur’an sebagai istilah yang merujuk terhadap betapa peristiwa penting terkait turunnya wahyu Allah SWT. Pertama kepada Rasul terakhir, yaitu Muhammad SAW.
Pertama kali wahyu diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. Adalah surat Alalaq ayat 1 sampai 5, ketika wahyu tersebut diturunkan, Nabi Muhammad tengah dalam keadaan tahannusatau menyendiri pada sebuah goa yaitu goa hiro’. Waktu itu dengan cara tiba-tiba Malaikat Jibril dating menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. 

Ternyata, tidak ada malam yang sangat istimewa pada perjalanan islam kecuali malam Nuzulul Qur’an. Tepat pada malam inilah kumpulnya banyak kejadian-kejadian yang sangat istimewa dan luar biasa, hal yang sangat penting sebagai pedoman umat manusia, yaitu Alqur’an al-karim. Bukan hanya itu saja, Alqur’an diturunkan pada Bulan Ramadlan.  Juga banyak riwayat yang mengatakan bahwa malam ini adalah malam seribu bulan, atau sering disebut dengan malam Lailatul Qadar.

Peristiwa Nuzulul Qur’an bukan hanya sebuah kisah nyata yang tidak berarti. Tetapi kita selaku umat islam harus bias meneladani apapun yang ada di dalam Al-Qur’an, dengan cara mempelajari Al-Qur’an, membaca Al-Qur’an, mengamalkan Al-Qur’an, sampai mentadabburkan Al-Qur’an. Bertaqwa Kepada Allah dan Roasulnya dengan mengamalkan apa yang tersirt dan tersurat di dalam Al-Qur’an.

Nuzulul Qur’an merupakan sebuah bukti nyata bahwa antara Al-Qur’an dan Nabi Muhammad SAW, merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Sehingga banyak hadits sahih mengatakan, jika akhlaqnya Nabi Muhammad SAW adalah Al-Qur’an, dan disebut juga dengan Al-Qur’an berjalan. Subhanalloh.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita pada malam Nuzulul Qur’an, harus bisa memaknai dengan benar, salah satunya dengan menerapkan pola hidup kita dengan Al-Qur’an. ((INSTING79))



Meika

Meika

Meika hadir untuk melengkapi pasarkayu.

Post A Comment:

0 comments:

Kolom ini, diperuntukan saling koresponden dan berbagai informasi. Mohon memberikan :

IDENTITAS YANG BISA DIHUBUNGI [ NO HP / EMAIL ]
( Jika tidak ada identitas, komentar akan dihapus )