Dalam beberapa ayat Al Qur'an menyebutkan tentang Rasul serta misi yang diemban-Nya. Pemahaman tentang misi ini menjadikan kita bisa menyadari bahwa diutusnya para Rasul adalah menjadi kebutuhan manusia. Pada hakikatnya manusia diciptakan hanyalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Untuk bisa melaksanakan semuaitu, diperlukan seorang yang menyampaikan ajarandari Allah SWT.

"HaiManusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. ( Muhammad dengan Mu'jizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran)."(QS. An Nisaa' : 174)
 
Ada beberapamisi yang diembanolehRasul SAW yang disebutkandidalamAl Qur'an.Antaralainadalah;

1. Memperkenalkan dan Menyembah Allah SWT.
Manusia sangat penting untuk diperkenalkan tentang Tuhan Yang MahaKuasa, Allah SWT. mengutus para Rasul Untuk mengajarkan kepada manusi a bahwa sesungguhnya yang berkuasa di dunia dan akhirat adalah Allah SWT. Dan setiap manusia harus menghamba kepada-Nya. Allah SWT. berfirman :
"Dan Kami tidak mengutus seorang Rasul pun sebelum kamu, melainkan Kami wahyukan kepadanya : "Bahwasanya tidakadaTuhan (yang benar) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku"(Qs. Al Anbiyaa : 25)

2. Menegakkan dan Menjaga Agama.
Agama merupakan salah satu kebutuhan manusia, Tanpa agama manusia ak an kacau balau. Dengan demikian, kedudukan islam sebagai satu-satunya agama yang benar menjadi sangat penting. Karena itu Rasul juga diutus untuk menegakkan agama Islam yang benar meskipun besar rintangannya.
"Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar. Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci."(QS. Ash Shaf : 9)

3. Membawa Berita Gembira dan Peringatan
Allah SWT.mengutus para Rasul yang salah satu tugasnya adalah dengan membawa berita gembira; surga bagi manusia yang mau berbuat kebaikan, serta memberi peringatan; neraka yang begitu pedih bagi orang yang tidak mau berlaku baik. Dengan berita gembira dan ancaman yang disampaikan para Rasul, diharapkan manusia akan mengikuti segala ketentuan islam yang dibawa para Rasul.Allah SWT. berfirman :
    "(Maka Kami utus) selaku Rasul-rasul pembawa berita gembira dan peringatan agar tidak ada alasan bag imanusia membantah Allah sesudah diutusnya Rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."(QS. An Nisaa : 165)

4. Memberi Keteladanan yang baik.
Manusia tentu menghendaki kehidupan yang baik. Untuk bisa menjalani kehidupan yang baik diperlukan keteladanan yang baik juga. Allah SWT. menjadikan Rasulullah Muhammad SAW. sebagait eladan yang harus ditiru oleh umat manusia.Allah SWT.berfirman :
"Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suriteladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."(QS. Al Ahzaab : 21)

5. Menyelesaikan Perselisihan.

Di dunia ini sering terjadi perselisihan antara manusia satu dengan yang lainya. Agar persoalan dan permasalahan bisa teratasi dan terpecahkan, maka Allah mengutusparaNabi.Dalam Al-Qur’an disebutkan:
"Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur'an) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka perselisihan itu dan menjadi petunjuk serta rahmat bagi kaum yang beriman."(QS.  An Nahl : 64)

6. Menyelamatkan Manusia.

Dari zaman dahulu hingga sekarang banyak manusia yang tersesat dari jalan hidup yang benar. semua itu terjadi karena manusia tidak mau menggunakan petunjuk yang datang dari Allah SWT. Maka termasuk salah satu tugas nabi adalah untuk menyelamatkan manusia dari jalan yang sesat.Allh SWT. berfirman :
"Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul diantara mereka, yang membacakan ayat ayat Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengerjakan kepada mereka kitab dan hikmah. Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata."(QS. Al Jum'ah : 2)

--------------------------   (( Aje79 ))----------------------------------------------------



Meika

Meika

Meika hadir untuk melengkapi pasarkayu.

Post A Comment:

0 comments:

Kolom ini, diperuntukan saling koresponden dan berbagai informasi. Mohon memberikan :

IDENTITAS YANG BISA DIHUBUNGI [ NO HP / EMAIL ]
( Jika tidak ada identitas, komentar akan dihapus )