Alam merupakan karunia Allah yang haruskitajagakelestariannyaagar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.
Islam adalah agama rahmatan lilalamin, yang mana syari'atnya tidak hanya untuk umat islam saja tetapi bag isemesta alam sebagaimana disebutkan dalam Al Qur”an "tidaklah kami mengutusmu, melainka nuntuk menjadi rahmat bagi sekian alam" (Qs. Al-Anbiya: 107)

Rahmat ini meliput iseluruhnya, termasuk alam ini, maka islam mengajarkan untuk mencintai alam dan menjaganya, serta melarang berbuat berbagai tindakan kerusakan di mukabbumi. Maka dari itu Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi dan itu semua adalah bentuk dalam rangka beribadah kepada Allah.
Allah berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

"Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar)." (Qs. Ar-Rum: 41)

Secara jelas ayat ini menerangkan bahwa  kerusakan yang terjadi di muka bumi ini semua disebabkan ulah tangan manusia. Dan Allah akan menunjukan akibat buruknya agar manusia merasakannya, sebagai teguran supaya kembali kejalan  yang  benar.

Rosululloh SAW bersabda :   
“Sayangilah yang ada di bumi niscaya semua yang ada di langit akan menyayangi kalian”

Kandungan dari hadist diata sadalah  Nabi Muhammmad SAW melalui Al-Qur’an dan Hadist mengajarkan kepada kita untuk memperhatikan kelangsungan kehidupan manusia dari ketergantungannya kepada lingkungan alam.
Untuk melestarikan lingkungan adalah dengan cara menjaga kebersihan, menyayangi semua makhluk Allah. Kebersihan ,merupakan cermin keimanan seseorang terhadap sang Khalik/pencipta. Rasa cinta kasih sayang sudah menjadi kebutuhan pokok manusia dalam kehidupannya kita harus peka terhadap keadaan alam disekitar kita demi generasi dimasa yang akan datang.

Kerusakan alam ini tak ubahnya adalah bumerang bagi manusia, kitalah yang membuat alam ini rusak, maka dari itu sebagai orang yang beriman, kita harus menjaga lingkungan dengan baik. Kita harus saling menghormati sesama makhluk Allah SWT. Janganlah saling merugikan, cintailah alam untuk generasi penerus kita. Jangan sampai generasi kita tidak bisa melihat pohon pohon hijau dan binatang binatang. Satu hal yang harus kita ingat lestarikan alam dengan menjaga kebersihan lingkungan, sebab dalam islam Kebersihan adalah sebagian dari iman.(Aje79)

Meika

Meika

Meika hadir untuk melengkapi pasarkayu.

Post A Comment:

0 comments:

Kolom ini, diperuntukan saling koresponden dan berbagai informasi. Mohon memberikan :

IDENTITAS YANG BISA DIHUBUNGI [ NO HP / EMAIL ]
( Jika tidak ada identitas, komentar akan dihapus )